Totai blog ini dibaca

Kamis, 14 Oktober 2010

SUSU > bhinekka tunggal ika dalam berteman

        Hallo, sorry yah baru posting lagi, sibuk dengan tugas kuliah nih. Udah gw jelasin jan tentang arti SUSU DAN KOPI ? Oke jadi langsung gw ceritain deh. Kita gak mungkin hidup tanpa teman. Bener gak ? Disin gw ingin bercerita tentang macam macam tipe seseorang dalam memilih teman sehidup sematinya. Sebelum gw cerita ada 3 golongan tipe teman mu. :
  1. Tipe orang yang MENDOMINASI ; Usil, jail, berisik, suka bercanda, suka ketawa, suka ngeledek & cenderung berteman dengan yang segolongan. (golongan tertinggi)
  2. Tipe orang yang NETRAL ; Ikut ikutan golongan pendominasi, jadi bahan ledekan golongan pendominasi & cenderung berteman dengan siapa saja.
  3. Tipe orang yang TAK TERKONTAMINASI ; Punya pendirian, tidak mau di jajah oleh golongan tertinggi, tertutup & cenderung tidak berteman dengan golongan tertinggi.
        Apa jadinya bila 3 golongan tersebut berteman ? apakah mereka akan akur ? menurut saya BISA. Dari 3 golongan tersebut memang banyak perbedaan AKAN TETAPI BILA KE - 3 GOLONGAN TERSEBUT DI SATUKAN, MAKA AKAN MENJADI TEMAN SEHIDUP SEMATI. 

        Pemisalan Jika golongan pendominasi berteman dengan golongan netral maka golongan pendominasi pun akan banyak dosa karena banyak meng ejek ejek golongan netral, Sebaliknya golongan netral pun akan merasa sakit hati dan mencoba tabah. Akan tetapi jika golongan netral butuh bantuan entah apa pun, golongan pendominasi pun akan membantunya, walaupun berbeda tapi mereka tetap saling mebantu. Dan sudah banyak contoh real yang kalian liat.
        Pemisalan Jika golongan pendominasi berteman dengan golongan tak terkontaminasi yang terjadi adalah GAK JELAS. Kenapa gw bilang begitu ? agak canggung teman yang ke - 1 berisik & suka bicara, tapi teman yang ke - 2 lebih baik diam dari pada bicara. Hanya golongan tak terkontaminasi yang bisa mengalahkan golongan tertinggi. Karena ternyata Orang pendiam sekali ngomong omong an nya bisa ngebunuh (dalem & berat). Oleh karena itu kebanyakan golongan pendominasi sungkan memilih teman golongan tak terkontaminasi. Cenderung golongan tak terkontaminasi lebih nyaman memilih teman yang pas menurut kehendak nya,
        Pemisalan jika 3 golongan ini berteman, maka keseimbangan akan terjadi disini.
  1. Golongan pendominasi tidak berlebihan karena ada golongan tak terkontaminasi.
  2. Golongan tak terkontaminasi akan lebih banyak bicara karena ketularan golongan pendominasi.
  3. Golongan netral cenderung akan aman di bantu oleh golongan tak terkontaminasi.
        Hal ini mengingatkan saya akan pelajaran waktu sekolah dasar. Agar kalian mempunyai teman, hanya ada 1 cara yang sangat mudah. gunakan landasan bhineka tunggal ika (berbeda beda tapi tetap 1 jua) mengapa begitu ? ketika kalian mencari teman apa ada nya maka kalian telah menggunakan landasan bhineka tunggal ika.  Akan tetapi jika kalian memilih teman ada apa nya, kalian akan mendapatkan teman yang sedikit, dan teman kalian yang sedikit itu juga mempunyai teman yang sedikit, dan teman yang sedikit itu punya teman yang juga sedikit, dan seterus nya. Oleh karena itu pelajari lah sifat teman teman mu sebelum kalian jadikan teman agar tidak tersinggung. Terkadang teman membawa kita kepada hal yang benar, dan terkdang juga teman membawa kita semakin jauh dari kata benar. Pilihlah teman yang baik.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar